Saturday, March 28, 2020

Media Pembelajaran IPA Planetarium Mini



A.  Kajian Teori
Pelajaran IPA merupakan pelajaran yang relatif sulit dengan pelajaran yang lain, karena pelajaran IPA sesuatu yang abstrak, maka didalam penanaman konsep kepada siswa khususnya (SD) perlu menggunakan alat bantu, supaya siswa mudah dalam memahami pembelajaran. Penyampaian konsep-konsep akan terasa sulit bila disampaikan secara tertulis atau lisan. Dengan menggunakan media pembelajaran secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif siswa, karena akan menimbulkan kegairahan belajar siswa berinteraksi langsung, dan siswa belajar sendiri menurut minat dan kemampuannya.Dalam pembelajaran IPA guru sering mengabaikan penggunaan media dalam menyampaikan materi pelajaran. Padahal penggunaan media mempunyai peranan yang sangat penting. Tanpa penggunaan media yang tepat proses dan hasil belajar akan kurang memuaskan.
Dalam pembelajaran IPA guru sering mengabaikan penggunaan media dalam menyampaikan materi pelajaran. Padahal penggunaan media mempunyai peranan yang sangat penting. Tanpa penggunaan media yang tepat proses dan hasil belajar akan kurang memuaskan. Pelajaran IPA merupakan pelajaran yang relatif sulit dengan  pelajaran yang lain, karena pelajaran IPA sesuatu yang abstrak, maka didalam penanaman konsep kepada siswa khususnya (SD) perlu menggunakan alat bantu, supaya siswa mudah dalam memahami pembelajaran. Penyampaian konsep-konsep akan terasa sulit bila disampaikan secara tertulis atau lisan. Dengan menggunakan media pembelajaran secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif siswa, karena akan menimbulkan kegairahan belajar siswa berinteraksi langsung, dan siswa belajar sendiri menurut minat dan kemampuannya.
Pembelajaran dengan menggunakan media sangat penting.Media dapat membantu guru melaksanakan proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan kongkrit. Media merupakan apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pengajaran. (Djamarah dan Zain: 2002). Media dapat digunakan sebagai alat bantu untuk.membelajarkan anak didik demi tercapainya tujuan pengajaran.
Dengan demikian dapat kita pahami bahwa penggunaan media pembelajaran yang mendekati konkrit sangatlah berguna dalam membangun konsep-konsep agama sesuai dengan perkembangan cara berfikir siswa SD. Salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan untuk menghadirkan bangun datar, sehingga mendekati konkrit adalah gambaran yang di kemas dalam Media Pembelajaran Planetarium mini.
Penggunaan media dalam pembelajaran menurut Suparman (2005) sesuai digunakan untuk beberapa jenis belajar, yaitu (1) belajar pengenalan visual, (2) informasi faktual, (3) konsep, prisip, dan aturan, dan (4) prosedur. Planetarium mini merupakan media yang akan digunakan untuk belajar tentang pengenalan visual, informasi faktual, dan konsep tentang bangun datar dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam pembuatan Planetarium mini yang sederhana sangatlah mudah, bisa dilakukan oleh semua guru di manapun berada. Karena dengan kemajuan teknologi sekarang ini, banyak guru atau sekolah yang telah memiliki internet. Contoh gambaran bangun datar pun banyak tersedia di internet. Hasil gambar pun dicetak sendiri menggunakan printer atau bahkan bisa digambar sendiri. Hasil cetak gambar kemudian di pasang pada Planetarium mini yang sudah ada perekatnya. Hasil gambar dengan printer bahkan bisa langsung digunakan bila sebelumnya sudah diseting menjadi Planetarium mini. 
Pemanfaatan Media Pembelajaran Planetarium mini sesuai dengan pertimbangan pemilihan media pembelajaran seperti yang dikemukakan Prastati dan Irawan (2005), yaitu (1) sesuai dengan tujuan belajar pengenalan visual, informasi faktual, dan konsep tentang bangun datar dalam kehidupan sehari-hari, (2) media Planetarium mini sesuai dengan materi yang akan dibahas, tentang bangun datar, (3) tersedia sarana dan prasarana berupa gambar dan Planetarium mini, dan (4) sesuai dengan karakteristik siswa SD yang lebih mudah belajar menggunaan media konkrit atau mendekati konkrit.


B.  Prosedur Pembuatan Media Pembelajaran
Prosedur pembuatan Media Pembelajaran Planetarium mini adalah sebagai berikut:
1.      Mempersiapkan alat dan bahan
2.      Plastisin ditekan dan dibuat bulat seperti bola
3.      Bola – bola plastisin dibuat sesuai susunan planet
4.      Lidi dipotong sesuai letak planet
5.      Lidi ditancapkan pada bola-bola planet yang telah dibuat
6.      Media pembelajaran Planetarium mini siap digunakan

C.  Penggunaan Media Pembelajaran di Sekolah
Agar pembelajaran menggunakan Media Pembelajaran Planetarium mini menarik dan membuat siswa aktif, maka digunakan metode pembelajaran diskusi kelompok. Dengan diskusi kelompok siswa akan saling berinteraksi satu dengan yang lain dalam satu kelompok, yaitu antara lain pembagian tugas, bertanya, menjawab, berdebat, menyampaikan ide, menyatukan ide, dan membuat kesimpulan. Dengan demikian interaksi siswa dengan siswa yang lain dan siswa dengan media pembelajaran menghasilkan konsep-konsep sains. Atau dengan kata lain siswa sendiri yang membangun konsep-konsep sains.
Dalam metode diskusi kelompok guru berfungsi sebagai fasilitator, motivator, dan dinamisator. Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan guru ketika menggunakan metode diskusi kelompok (Suparman (2005), yaitu: (1) menyediakan bahan dan topik atau masalah yang akan didiskusikan, (2) menyebutkan pokok-pokok masalah yang akan dibahas, (3) menugaskan siswa untuk menjelaskan, menganalisis, dan meringkas, (4) membimbing diskusi, (5) sabar terhadap kelompok yang lambat dalam diskusi, dan (6) mengawasi dan membantu terhadap kelompok yang tampak kebingungan atau berjalan tidak menentu.
Diskusi kelompok yang digunakan adalah model Buzz Group. Menurut Winataputra (2001) model buzz group memiliki ciri-ciri sebagai berikut: (1) kelompok terdiri dari 2-6 siswa, (2) tidak memerlukan pimpinan penuh, (3) waktu pertemuan berkisar antara 2-15 menit, dan (4) kelompok mendiskusikan secara singkat masalah tertentu.
Berikut ini adalah langkah-langkah pembelajaran penggunaan Media Pembelajaran Planetarium mini di kelas VI :

  • Guru membentuk kelompok kecil dalam pembelajaran
  • Siswa membentuk kelompok pembelajaran
  • Guru menunjukkan media Planetarium mini
  • Siswa mengamati media yang ditunjukkan oleh guru
  • Guru mengajak siswa menentukan nama planet
  • Siswa menentukan nama planet
  • Guru mengajak siswa menentukan nama-nama planet
  • Siswa mulai menyebutkan nama-nama planet dalam tata surya  
  • Guru meminta siswa menuliskan nama-nama planet dalam tata surya yang disebutkan dalam buku tulinya





No comments:

Post a Comment

Media Pembelajaran IPA Planetarium Mini

A.   Kajian Teori Pelajaran IPA merupakan pelajaran yang relatif sulit dengan pelajaran yang lain, karena pelajaran IPA sesuatu ya...